4 Oktober 2009 di Hotel Endah Parahyangan Jl . Cibeurum No. 14 Bandung menjadi saksi, bahwa Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Bandung masih komitment memgang teguh tradisi silaturrahim, yang muda bersungkeman dengan yang tua begitupun yang tua tak lekang melepas kasih sayang kepada yang muda, suasana kekeluargaan yang sangat indah.
Silaturrahim menjadi sebuah tradisi yang harus terus dipertahankan, karena menjaga hubungan emosional penting dilakukan dalam rangka membangun sinergitas gerakan PMII antara kader yang masih aktif dengan alumni yang tengah berkiprah di masyarakat. sehingga cita-cita mulia PMII yang termaktub dalam kitab suci gerakan dapat terealisasikan.
Acara Halal bihalal yang semestinya dimulai pada pukul 13.00 itu mundur beberapa menit karena jarak beberapa alumni cukup jauh dari berbagai daerah, acara kemudiann dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci alqur’an oleh kader pmii kom. uin, suasana semakin hangat manakala paduan suara pergerakan yang dimotori sahabat Dede menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PMII. acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.
Sahabat Khaerul Umam, S.Hi sebagai ketua Umum PC PMII Kab. Bandung mengawali sambutan dengan memeparkan beberapa point, dinatara tentang bagaimana dari Halal Bihalal ini dapat menyatukan dan menguatkan kembali ikatan antar alumni PMII Kab. Bandung karena disinyalir gerakan alumni masih sendiri-sendiri dan belum terlihat adanya kesamaan visi bergerak bersama dalam gerakan yang lebih riil, hal itu terlihat dengan masih banyaknya alumni PMII yang potensial belum terangkul oleh alumni yang sudah mapan baik secara posisi di masyarakat ataupun di pemerintah. hal ini menjadi satu kendala gerakan, cetusnya.
point selanjutnya yang beliau sampaikan adalah acara Halal Bihalal yang dilakukan dengan cukup meriah jangan sampai berhenti pada ceremony belaka tanpa menghasilkan satu kesepakatan untuk gerakan, sehingga harus ada kesepakatan bersama untuk memberikan sumbangsih pemikiran maupun materi bagi sahabat-sahabat pengurus, dan merupakan moment yang tepat dimana PMII Kab. BAndung telah memiliki sepetak tanah seluas +/- 230 m2 kiranya dalam forum ini dapat menghasilkan kesepakatan untuk melelang tiap petak tanahnya agar sekretariat permanent segera berdiri dan sahabat PMII yang masih aktif tidak kesulitan lagi dalam mencari tempat untuk central kegiatan mereka.
sambutan selanjutnya disampaikan oleh sahabat Zaeni Shofari, S.Hi, selaku Sekjend PB PMII dalam orasinya beliau mengingatkan kepada alumni untuk bersama-sama memikirkan kemajuan sahabat-sahabat PMII Kab. Bandung, sambutan terakhir disampaikan oleh sahabat Rohmat Mulyana selaku Ketua Majlis Pembina Cabang (MABINCAB), yang kemudian dilanjutkan dengan obrolan mengenai teknis pemborongan / pelelangan pembangunan sekretariat PMII Cab. Kab. Bandung, dengan di dampingi sahabat Komarudin Thaher, S.Ag yang juga MABINCAB pembicaraan dititik fokuskan pada bagaimana pembangunan sekretariat segera dilangsungkan, dan terpilihlah sahabat Edi Rusyandi, S.Pdi sebagai ketua Panitia pembangunan dibantu dengan beberapa alumni yang masih berdomisili di Bandung.
acara kemudian dilanjutkan dengan parade orasi beberapa alumni dan mantan ketua-ketua Umum PMII Kab. Bandung.
sebelum bubar, tamu undangan dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang disiapkan oleh panitia, dan dilanjutkan dengan tampilan musik akustik karya sahabat2 pmii uin cab. kab. Bandung. kemudian acaradilanjutkan dengan mushafahah walaupun ada beberapa alumni yang sudah meninggalkan ruangan, namun acara Halal Bihala tersebut cukup khidmat dan meriah. semoga silaturrahim tersebut membawa dampak positif bagi PMII dan mendapat barokah dari Allah, aminnn.